navigate_beforeDetil Spesifik

Steroid – Induced Glaucoma

No image available for this title

Ketersediaan

Kode EksemplarNo. PanggilTipe KoleksiLokasiStatus Eksemplar
A17019FKA17019FKArtikel JurnalPerpustakaan FKUITersedia

Tautan: Tidak tersedia.

Glaukoma akibat steroid adalah salah satu bentuk dari glaukoma sekunder yang disebabkan karena pemakaian steroid dalam jangka waktu yang lama, sehingga tekanan intra okuler (TIO) meningkat. Kortikosteroid mempengaruhi reseptor di anyaman trabekular yang dapat menyebabkan perubahan morfologi dan menurunkan pengeluaran akuos. Selain itu, penumpukan ekstraselular matriks dan debris dapat menghambat outflow dari akuos humor akibat dari pemakaian jangka panjang kortikosteroid. Tampilan klinis steroid induced glaucoma mirip dengan glaukoma sudut terbuka primer, namun perbedaannya adalah TIO dapat kembali menjadi normal saat kortikosteroid dihentikan. Penanganan glaukoma akibat steroid adalah dengan pemonitoran rutin TIO, namun jika TIO tidak turun dengan penghentian kortikosteroid, maka terapi laser, dan pembedahan dapat digunakan.

Informasi Detil

Judul Seri

-

No. Panggil

A17019FK

Penerbit

Depatemen Ilmu Kesehatan Mata : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

 
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

-

Info Detil Spesifik

Artikel Jurnal

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi