navigate_beforeDetil Spesifik

Analisis Sperma

Image of Analisis Sperma

Ketersediaan

Kode EksemplarNo. PanggilTipe KoleksiLokasiStatus Eksemplar
DIK22001FKDIK22001FKDiktatPerpustakaan FKUITersedia

Tautan: Tidak tersedia.

Analisis semen atau sering disebut pula dengan analisis sperma memberikan informasi penting tentang status fertilitas laki-laki.1 Analisis sperma dapat dilakukan oleh manusia (dokter/analis) dengan menggunakan bilik hitung Makler atau Neubaur dan mikroskop, atau oleh computer, biasa disebut dengan Computer-Aided Sperm Analysis (CASA). Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Analisis sperma dilakukan dengan memenuhi syarat-syarat sebelumnya, diantaranya sebagai berikut:

a. Sampel dikoleksi dengan melakukan abstinensia atau menghindari aktivitas seksual atau mengeluarkan air mani/ejakulat mandiri (masturbasi atau mimpi basah) selama minimal tiga hari atau tidak lebih dari tujuh hari. Idealnya analisis semen dilakukan setelah 3 – 5 hari abstinensia.
b. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan dua kali, dengan jarak tidak boleh kurang dari 7 hari atau lebih dari 3 minggu diantara kedua pemeriksaan tersebut.
c. Pengumpulan sampel sebaiknya dilakukan di kamar tersendiri di dekat laboratorium. Jika tidak memungkinkan, sampel dapat dikeluarkan di rumah atau hotel, dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 jam sejak pengumpulan.
d. Sampel dikumpulan dengan cara masturbasi atau senggama terputus, kemudian ditampung harus di dalam wadah yang bersih dan steril, bermulut lebar dan terbuat dari kaca atau plastik yang tidak toksik terhadap sperma.
e. Wadah sampel dijaga dalam suhu lingkungan antara 20 - 40°C agar tidak mempengaruhi atau merusak sperma. Dengan kata lain, sampel harus dilindungi dari suhu ekstrim, yakni kurang dari 20°C atau lebih dari 40°C.
f. Wadah sampel harus diberi label dengan keterangan yang cukup, berupa nama, tanggal lahir dan nomor identifikasi, disertai tanggal dan waktu pengumpulannya.2

Informasi Detil

Judul Seri

Analisis Sperma

No. Panggil

DIK22001FK

Penerbit

Departemen Biologi Kedokteran - FKUI : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

Bahan Ajar

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

DIK22001FK

 
Tipe Isi

text

Tipe Media

other

Tipe Pembawa

other (computer)

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas
Komentar

search

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek



Advanced Search

Masukan judul koleksi

  • SEARCHING...

Masukan pengarang koleksi

  • SEARCHING...

Masukan subjek koleksi

Masukan ISBN/ISSN koleksi